Berita » Berita » Foto » Kegiatan » Press Release

Senin, 18 Desember 2017

KAJATI ACEH MENANDATANGANI MoU DENGAN PT. PERMODALAN NASIONAL MADANI (PERSERO)

Hari ini, Senin (18 desember 2017)- Kajati Aceh Dr. Chairul Amir, SH.MH menandatangi MoU dengan PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) di Aula Hotel Hermes. Yang turut menghadiri Asdatun, Aspidsus, Aspidum, Para Koordinator, para pegawai Kejati Aceh, dan pegawai PT.PNM.

Dalam rangka menopang pemberdayaan sektor UMKM, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) juga meningkatkan kerjasama dengan kejaksaan. Profesi jaksa sering diidentikan dengan perkara pidana. Hal ini bisa jadi disebabkan “melekatnya” fungsi Penuntutan oleh jaksa, yang mana fungsi tersebut berada dalam ranah hukum pidana. Dalam perkara pidana, Jaksa bertindak sebagai Penuntut Umum di persidangan, yang bertugas melakukan penuntutan dan melaksanakan penetapan hakim. Padahal, dengan adanya pembagian bidang dalam Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan Republik Indonesia, yaitu melalui Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN), Jaksa juga dapat bertindak baik di dalam maupun di luar pengadilan untuk dan atas nama negara, pemerintahan (instansi pemerintah pusat/daerah, badan usahan milik Negara (BUMN), dan badan usaha milik daerah (BUMD), bahkan perorangan dalam hal melakukan pelayanan hukum (Pos Pelayanan Hukum Gratis). Seorang jaksa yang mewakili negara dan pemerintahan dalam perkara DATUN biasa disebut Jaksa Pengacara Negara (JPN). Peranan Jaksa Pengacara (JPN) yang dimaksud disini adalah peran yang diberikan dalam rangka menjalankan tugas dan kewenangan di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara sebagaimana yang diatur dalam UU No. 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan. Pasal 30 ayat (2) menyebutkan : “Di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan dengan Kuasa Khusus dapat bertindak baik di dalam maupun di luar Pengadilan untuk dan atas nama Negara dan Pemerintah”

.

 

Sehubungan dengan uraian diatas pihak kejaksaan akan berdiri didepan didalam menyelamatkan keuangan negara dan menjaga kewibawaan aparatur serta institusi, lembaga, BUMN/D termasuk didalamnya PT. Permodalan Nasional Madani dan merupakan Perusahaan Perorangan yang beroperasi diwilayah aceh.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan tukar menukar cindera mata dan silaturrahmi antara para asisten, para koordinator, dan Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Tinggi Aceh dengan pihak PT. Permodalan Nasional Madani (PERSERO) wilayah Aceh.

 

(sumber penkum dan humas kejati aceh),-