Berita » Daftar Buronan » Berita » Foto » Info Perkara » Press Release

Jumat, 19 Agustus 2016

Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pada Dana Bantuan Sosial Berpola Hibah Dari BNPB Pusat Kepada BPBD Kab. Simeulue untuk Kegiatan Rehab Rekon Pasca Bencana Tahun 2011

Pada hari Jumat, tanggal 1DSC_81449 Agustus 2016 sekira Pukul 13.00 WIB telah dilakukan penahanan terhadap Drs. Mohd. Riswan, R dan Indra Dilli Mulyawan, S.Pd oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Simeulue di Kantor Kejaksaan Tinggi Aceh. Yang bersangkutan terlibat dalam perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi pada Dana Bantuan Sosial Berpola Hibah Dari BNPB Pusat Kepada BPBDKab. Simeulue Tahun 2011 sebesar Rp. 3.143.050.000 (tiga milyar seratus empat puluh tiga juta lima puluh ribu rupiah).

Proses penahanan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Perintah Kepala Kejaksaan Negeri Simeulue Nomor : Print– 348/N.1.23/Ft.1/08/2016 tanggal 19 Agustus 2016 tersangka an. Drs. Mohd. Riswan, R dan Nomor: Print-350/N.1.23/Ft.1/08/2016 tersangka an. Indra Dilli Mulyawan, S.Pd. Sebelum dilakukan proses penahanan, Drs. Mohd. Riswan, R, dkk terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh Tim Dokter di Kejaksaan TinggiAceh,tersangka disangkakan melanggar Pasal 2 atau Pasal 3 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Sebelumnya tersangka telah dilakukan proses pemeriksaan oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Simeulue di Kantor Kejaksaan Tinggi Aceh, kemudian sekira pukul 13.25 wib, tersangka Drs. Mohd. Riswan, R, dkk yang didampingi penasehat hukumnya dilakukan penahanan oleh Jaksa Penuntut Umum di Rutan Kelas II B Kajhu, Banda Aceh. Tersangka Drs. Mohd. Riswan, R, dkk dibawa menuju ke Rumah Tahanan Kajhu Kelas II Banda Aceh dengan pengawalan 6 (enam) anggota kepolisian dari Polres Simeulue dibantu oleh personil Intelijen dan Personil Pidsus Kejaksaan Tinggi Aceh. Selama proses penahanan terhadap tersangka telah dilakukan penggalangan dan pengamanan baik secara terbuka maupun secara tertutup oleh personil Intelijen Kejati Aceh guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

DSC_8145

Data informasi di peroleh dari Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Aceh dan dari hasil Pengamanan (PAM) personil Intelijen tehadap proses penahanan Tersangka Drs. Mohd. Riswan, R, dkk.

DSC_8146

DSC_8151