Berita » Berita » Foto » Info Perkara » Kegiatan » Press Release

Jumat, 25 Agustus 2017

Sosialisasi Dana Desa dan TP4D Secara Serentak di Kabupaten/Kota Dalam Provinsi Aceh

Kamis, tanggal 24 Agustus 2017, sekira pukul 09.00 Wib, dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Dana Desa dan TP4D secara serentak di masing-masing Kabupaten/Kota dalam Provinsi Aceh. Sosialisas tersebut berdasarkan Surat Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan Agung R. I Nomor : B-1039/D/Ds.2/08/2017, tangal 18 Agustus 2017, perihal Sosialisasi Dana Desa dan TP4 Secara Serentak dan juga Surat Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh Nomor :B-2525/N.1/Dek/08/2017, tanggal 22 Agustus 2017, perihal Sosialisasi Dana Desa dan TP4 Secara Serentak. Dan juga dihadiri oleh Para Kepala Desa/Keuchik, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Seksi Intelijen Kejari, pemateri dari Inspektorat.

Untuk Provinsi Aceh, jumlah Dana Desa Tahun 2017 sebesar Rp. 4.892.571.795.000,- (empat triliun delapan ratus sembilan puluh dua miliar lima ratus tujuh puluh satu tujuh ratus sembilan puluh lima ribu rupiah) yang bersumber dari APBN Tahun 2017 dan dibagikan  kepada 6.497 (enam ribu empat ratus sembilan puluh tujuh) gampong/desa yang tersebar di 23 kabupaten/Kota yang ada dalam Provinsi Aceh. untuk tahap I, dana desa tersebut sudah disalurkan sebesar Rp. 2.935.543.076.993,- (dua triliun sembilan ratus tiga puluh lima miliar lima ratus empat puluh tiga juta tujuh puluh enam ribu sembilan ratus sembilan puluh tiga rupiah) atau sekitar 60 %. untuk tahap II akan kembali dicairkan pada bulan Agustus 2017 sebesar Rp. 1.957.028.717.995,- (satu triliun sembilan ratus lima puluh tujuh miliar dua puluh delapan juta tujuh ratus tujuh belas ribu sembulan ratus sembilan puluh lima rupiah).

Kehadiran Tim Pengawal Dan Pengaman Pemerintahan Dan Pembangunan Tingkat Daerah (TP4D) untuk memudahkan para Kepala Desa/Keuchik di seluruh Kabupaten/Kota dalam Provinsi Aceh dalam menggunakan dana desa dimaksud melalui kegiatan Sosialisasi Dana Desa dan TP4D. secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan Sosialisas Dana Desa dan TP4D yang dilaksanakan secara serentak disetiap Kejaksaan Negeri se-Wilayah Aceh berlangsung dengan lancar, aman, tertib dan terkendali tanpa adanya Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) dari pihak manapun.

Data informasi di peroleh dari Tim Intelijen masing-masing Kejaksaan Negeri se-Wilayah Aceh yang melaksanakan kegiatan Sosialisas Dana Desa dan TP4D secara serentak. Agar Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Tingkat Daerah (TP4D) dapat memberikan pendampingan hukum dalam setiap tahapan program pembangunan dari awal sampai akhir yang berupa pembahasan hukum dari sisi penerapan regulasi/peraturan perundang-undangan, mekanisme dan prosedur dengan pejabat pengelola anggaran atas permasalahan yang dihadapi khususnya dalam hal penyerapan anggaran. Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Tingkat Daerah (TP4D) melakukan koordinasi dengan aparat pengawasan intern pemerintah untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang berpotensi menghambat dan menimbulkan kerugian bagi keuangan negara.

 

(sumber penkum dan humas kejati aceh),-