Berita » Info Perkara

Rabu, 31 Oktober 2018

TERSANGKA KEMBALIKAN KERUGIAN NEGARA, PROSES TETAP LANJUT

BANDA ACEH – Direktur Utama PT Supernova Jaya Mandiri, HS yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi proyek perencanaan pembangunan gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh tahun 2015 sudah mengembalikan semua kerugian negara dengan total Rp 1 miliar lebih. Kendati demikian, proses hukum tetap berlanjut ke penuntutan.

“Ya, semua kerugian negara sudah dikembalikan dalam dua tahap oleh tersangka kepada penyidik Kejati Aceh saat kasusnya masih dalam proses penyidikan,” kata Kajati Aceh, Irdam SH MH melalui Kasi Penkum, H Munawal SH kepada Serambi, Selasa (30/10).

Disebutkan, pengembalian tahap pertama dilakukan pada Jumat (5/10) lalu sebanyak Rp 750 juta. Sedangkan sisanya dikembalikan sekitar seminggu lalu. Dengan pengembalian itu, menurut Munawal, tidak ada lagi kerugian negara dalam kasus proyek yang dibiayai dana APBN tahun 2015 tersebut.

Kendati demikian, sambungnya. pengembalian kerugian negara tidak menghapus pelanggaran hukum dan kasus itu tetap dilanjutkan ke pengadilan. Ketentuan tersebut diatur dengan jelas dalam pasal 4 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). “Proses hukum tetap lanjut ke penuntutan,” ujarnya.

Sebelumnya, penyidik menetapkan dua tersangka dalam kasus itu. Mereka adalah HS selaku rekanan dan Y selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Kanwil Kemenag Aceh. Pada Senin (29/10), penyidik Kejati Aceh melimpahkan tahap II berkas perkara beserta dua tersangka ke penuntut umum Kejari Banda Aceh untuk diteruskan ke Pengadilan Tipikor Banda Aceh.

Kajari Banda Aceh, Erwin Desman SH MH, melalui Kasi Intel, Himawan SH menyampaikan pihaknya sudah menerima berkas perkara berserta kedua tersangka. Setelah itu, pihaknya langsung menahan tersangka Y, sedangkan HS sudah ditahan sejak dalam masa penyidikan di Kejati Aceh sejak Kamis, 9 Agustus lalu.

Erwin mengatakan, penahanan itu dilakukan selama 20 hari ke depan di Lembaga Permasyarakatan (LP) Banda Aceh. Saat ini pihaknya sedang meneliti berkas perkara sebelum dilimpahkan ke pengadilan. “Dalam dua minggu ke depan akan kita limpahkan ke pengadilan,” kata Kajari Banda Aceh, Erwin Desman.

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Tersangka Kembalikan Kerugian Negara, Proses Tetap Lanjut, http://aceh.tribunnews.com/2018/10/31/tersangka-kembalikan-kerugian-negara-proses-tetap-lanjut.

Editor: bakri